TIPS PERENCANAAN DENAH RUMAH TAPAK SEJAHTERA

Monday 18 March 2013

Tips membuat denah perencanaan pembuatan atau renovasi rumah menurut (Pinanditi, S et all H: 5 & 6) adalah

1.     Perencanaan denah rumah yang tidak memperhitungkan adanya pengembangan di kemudian hari.

Perencanan ini harus mempertimbangakan kebutuhan utama pengguna rumah.  Biasanya lahan yang tersedia juga terbatas.  Karenanya harus benar-benar matang di rencanakan, seperti kebutuhan ruang, kamar tidur (utama, anak dan pembantu).  Solusi membuat perencanaan denah secava vertical atau dua lantai juga dapat menjadi pilihan.

Salah satu cantoh adalah denah di Kebon Manggis Town House Bintaro

Luas tanah 76 m2 (6 x 12.6 m2)

Denah Dasar

Rumah dengan luas 36 m2 diatas lahan seluas 76 m2 tersebut terdiri atas Car Port (3 x 6 m2), Kamar tidur utama (3 x 3.15 m2), kamar anak (3 x 3 m2) dan ruang keluarga dan ruang makan tanpa partisi (3 x 5.5 m2), dapur dengan konsep mini bar (1.65 x 3 m2), kamar mandi dengan wc duduk dan shower serta taman memanjang (1.5 x 6.5 m2) di depan rumah.
Model rumah yang di desain sedemikian rupa untuk memenuhi segala kebutuhan ruang dengan lahan yang terbatas.   Dengan desain yang demikian anda tidak akan dipusingkan lagi dengan harus merenovasi bagian belakang rumah,  karena rumah ini sudah di desain full bangunan belakang, dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan akan ruang dan optimal menjaga kendaraan anda karena ukuran car port sudah memperhitungkan panjang dari mobil keluarga kelas menengah (mis, avanza atau kijang).

Sebagai catatan tambahan adalah memasang partisi khusus (pilihan partisi semi permanen agaknya cocok karena tidak membuat rumah anda terlihat sempit) antar ruang tamu, ruang keluarga serta dapur.  Desain ruang tamu, ruang keluarga dan dapur dalam satu ruang besar mensyaratkan kualitas daur bersih yang anda harus terapkan, mengingat tamu anda tidak dibatasi untuk melihat isi dapur (walaupun dapat dibatasi dengan partisi semi permanen yang menutup sekaligus flexible di buka ketika kita membutuhkan ruang yang lebih besar dengan menyatukan ruang keluarga dengan ruang tamu).

Partisi Flesible

 Kualitas kamar mandi degan menggunakan wc duduk (km mandi kering) dan shower (km basah), anda adapat memisahnya secara sederhana seperti pada gambar berikut.

Pemisahan Km Kering dan Basah tanpa Penyekatan


Penyekatan atau pemisahan Km kering dan Basah

Salah satu feature keunggulan atau exlusive benefit dari perumahan Kebon Manggis Town House Bintaro adalah semua pintunya full menggunakan pintu kayu solid pada pintu utama maupun dua pintu kamar (biasanya perumahan lain menggunakan pintu triplex untuk tiap kamar tidurnya.



2.    Perencanaan denah rumah yang memperhitungkan adanya pengembangan di kemudian hari.
Perencanan ini tentunya membutuhkan lahan yanga cukup luas.  Pembangunannya yang bertahap mengikuti kebutuhan pengguna rumah.  Perncanaan jeni ini lazim disebut dengan perencanaan rumah tumbuh.

Dua dasar perencanaan tersebut dapat di jadikan pilihan oleh anda yang akan memutuskan membeli rumah, so have nice plann ......

0 comments:

Post a Comment

 
RUMAH ASRI HIJAU © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions