TIPS MENJADI KAYA DARI PROPERTY ALA ROBERT T. KIYOSAKI

Wednesday 20 March 2013

Robert T. Kiyosaki menceritakan dalam bukunya yang sangat terkenal yaitu Rich Dad, Poor Dad,hal: 230&231.  Bahwa ada seorang temannya yang mengeluh tentang betapa sulitnya menabung untuk biaya kuliah untuk keeampat anaknya.  Temannya menabung sebesar $ 300 setiap bulan.  Dana yang sudah terkumpul selama periode menabung tersebut hanya sebesar  $ 12.000, padahal biaya yang dibutuhkan untuk biaya kuliah keempat anaknya itu adalah $ 400.000.  Dalam hitungan matematisnya masih membutuhkan biaya sebesar $ 388.000, dan itu akan diperoleh jika menabung selama 1293 bulan (388.000/300).  Dengan bahasa yang lain yaitu harus menabung selama 107 tahun.

Sumber

Bayangkanlah apakah cukup umur temannya tersebut cukup untuk membayar biaya kebutuhan sekolah anaknya yang waktunya sangat mendesak ? Apakah anaknya bisa menunggu 107 tahun ?  Jawabnya tidak mungkin karena biaya sekolah anak harus di persiapkan dengan waktu maksimal 17 tahun, dengan estimasi biaya tersebut hanya untuk perguruan tinggi saja.  Lalu bagaimana solusinya ?

Ceritanya Begini

Pada tahun 1991, pasar property di kota Phoenix sangat mengerikan.  Terjadi penjualan rumah secara besar-besaran.  Robert T. Kiyosaki menyarankan temannya tersebut untuk membeli rumah di kota Phoenix tersebut.  Gagasan Robert itu berhasil membujuk kawannya untuk membeli property tersebut.  Tetapi pengajuan kredit perumahannya, ditolak bank akibat dari mengulur-ulur waktu periode cicilannya.  Kemudian Robert T Kiyosaki pun meyakinkan bahwa ada cara untuk mendapatkan property tanpa melalui kredit perbankan.

Robert T. Kiyosaki  dan temannya mencari rumah selama dua minggu.  Akhirnya berhasil mendapatkan rumah yang sesuai dengan kreteria yang mereka tetapkan sebelumnya.  Ternyata menurut Robert T Kiyosaki pengalaman dalam mencari rumah itu menyenangkan, rumah yang di dapat memiliki spesifikasi yaitu memiliki 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.  Serta memiliki lingkungan yang baik.  Dan si penjual rumah telah menurunkan harga jualnya karena dia dan keluarganya harus pindah rumah segera ke California karena pindah perusahaan tempatnya bekerja. 

Pemilik rumahnya tersebut meminta harga $ 102.000 dan setuju dengan penawaran $79.000.  Ternnyata rumah tersebut merupakan anggunan di bank dengan hutang yang masih tersisa sebesar $ 72.000, berarti harga yang harus dibayar hanya $ 7.000 saja.  Sisanya tentunya harus mencicil ke bank selama periode pinjaman tersebut hingga hutangnya terlunasi.  Segera setelah si pemilik itu pindah, teman dari Robert T Kiyosaki pun menyewakkannya.  Hasil dari uang sewa perbulannya ternyata masih tersisa sebesar $ 125 setiap bulannya.

Dana sebesar $125 tesebut ditambahkan kecicilan hutangnya dengan maksud mempercepat waktu pelunasan hutangnya.

Setelah 3 tahun berlalu, Tahun 1994, pasar real estate di Phoenix membaik, rumah tersebut di tawar oleh si penyewanya sebesar $ 156.000.  Robert T Kiyosaki pun menyarankan temannya untuk menjual rumah tersebut.  Dalam kurun waktu hanya tiga tahun saja rumah tersebut memiliki pertumbuhan harga yang sangat baik.  Setelah dipotong sisa hutang, Temannya berhasil mendapatkan uang cash $ 80.000 (Bayangkan jika hanya menabung selama 3 tahun sebulan $ 300, setahun hanya $10.800) ajaib bukan ? ?

Uang cash sebesar $80.000 pun kemudian di investasikan lagi ke property yaitu sebuah gudang kecil di wilayah Texas.  Property tersebut di sewa sebesar $1.000 per bulan.  Dana tersebut di tabungkan kembali sebagai dana persiapan untuk kuliah anakknya yang pertama.
Pada tahun 1996, gudang kecil itu pun dijual kembali dengan harga $ 330.000.  Tidak berhenti sampai disitu dana sebesar $ 330.000 tersebut, kembali di investasikan dengan membeli proprety yang harga sewanya $ 3.000 per bulan, yang dananya kembali temannya masukkan ke tabungan rencana pendidikan anaknya.  Pastinya teman dari Robert T Kiyosaki tersebut, sangat yakin bahwa ia telah dapat memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya yang besarnya sekitar $ 400.000 tersebut.

Dan semua itu hanya berawal dari modal sebesar $ 7.000 dolar US saja.  Dalam 6 tahun dengan ketekunan dan kecerdasan financial mampu mewujudkan inpian anak-anaknya mendapatkan pendidikan tinggi yang di inginkannya.  Bayangkan jika hanya menabung saja sebesar $ 300 per bulan, harus selama 107 tahun baru tercapai kebutuhan pendidikan anak-anaknya yang sebesar $ 400.000.  Bagaimana dengan kita ? Mau ?

Sumber
So Mulailah Hunting Property sekarang Juga ……

0 comments:

Post a Comment

 
RUMAH ASRI HIJAU © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions